Assalaamualaikum wr.wb.

Tahap-tahap belajar keybord merk apapun adalah kenali tipe, program yang sudah terpapar di papan dasbord keybord atau di layar monitor keybord anda.

Tipe keybord
Setiap merk dan tipe sebuah keybord di ciptakan sesuai karakter, dan fungsi masing-masing di lapangan.

Dalam tahapan belajar atau mengenal keybord merk dan tipe apapun baik Korg, Yamaha, Casio, Rolland atau Technics rata memiliki tombol dan fungsi yang hampir sama. Beberapa tombol yang harus di pahami fungsinya antara lain:

1. Tombol On/ Off
Tombol ini merupakan tombol pertama yang kita gunakan,yakni untuk menyalakan keyboard setelah dihubungkan dengan listrik. Pertama kali keyboard dinyalakan biasanya suara yang muncul apabila tuts ditekan adalah suara piano.

2. Volume
Tombol ini digunakan untuk memperbesar dan memperkecil suara keyboard secara keseluruhan setelah tombol power dinyalakan.

3. Tombol Timbre/ Voice
Tombol ini digunakan untuk memilih berbagai jenis suara alat music, misalnya flute, gitar, piano, organ, dan lain sebagainya.

4. Tombol Rhythm
Tombol ini digunakan untuk memilih jenis irama music yang akan dimainkan, misalnya waltz, bossanova, rhumba, dan lain sebagainya.

5. Tombol Start/ stop
Tombol ini digunakan untuk memulai salah satu irama music/ rhythm. Begitu tombol star dipencet, keyboard akan menghasilkan irama pertama dalam bentuk bunyi drum. Jika tombol ini dipencet untuk yang kedua kalinya, bunyi drum akan berhenti, yakni sebagai tombol stop.

6. Tombol Tempo
Tombol ini digunakan untuk mengatur cepat lambatnya tempo dari irama yang telah dibunyikan setelah tombol strat dipencet.

7. Tombol Transpose
Tombol ini digunakan untuk menghasilkan chord dan music pada irama drum yang telah berbunyi setelah tombol start dipencet. Setelah tombol rhythm dan chord dipencet, tuts bagian kiri keyboard akan berfungsi sebagai pengiring.

8. Tombol Intro/ Ending
Tombol ini digunakan dengan cara mempencet tombol tersebut untuk mengawali permainan keyboard dengan aransemen intro yang sudah ada dari masing-masing irama pada keyboard. Sedangkan untuk menutup lagu bias dilakukan dengan mempencet tombol ini juga, yang berarti sebagai tombol ending. Pada jenis keyboard tertentu intro dan ending diwadahi pada tombol yang berbeda/ terpisah, namun tetap pada fungsi yang sama.

9. Tombol Fill in
Tombol ini digunakan untuk membuat variasi ketukan dan irama music dalam bentuk variasi bunyi drum. Biasanya tombol ini digunakan untuk menghasilkan variasi ketukan sebelum kebagian reffren lagu, biasanya tombol bertuliskan fill in to variation. Sedangkan variasi ketukan sesudah reffren lagu, biasanya tombol bertuliskan fill in to original.

Dan masih banyak lagi yang perlu anda pahami tombol serta menu2 yg tersedia seiring anda tambah mahir bermain toot keybord anda akan semakin paham dan lincah dalam mengoperasikan semua fungsi tombol dan menu keybord anda.

Disini saya akan menerangkan tahap - tahap belajar atau mengenal bermain keybord secara otodidak, khsususnya dalam mengenal dan memainkan toot keybord, mudah di pahami dan cepat mahir.

Saya anggap anda sudah mengenal beberapa tombol penting yang saya paparkan diatas.

Belajar melodi piano adalah salah satu pelajaran piano yang paling menarik, dan wajib bisa bagi setiap pemain piano (pianis) atau pemain keyboard (keyboardist). Untuk bisa memainkan melodi piano secara baik, kita wajib memiliki wawasan chord dan scale (tangga nada) yang baik berikut teknik-teknik bermainnya.

Jadi kita harus kenal kunci-kunci yang banyak atau chord-chord yang banyak, juga wajib tahu scale (tangga nada), karena scale adalah pondasi musik yang merupakan akar dari permainan melodi itu sendiri. Paling minimal yang wajib kita tahu ada 3 scale pokok yakni;

1. Major Scale (Tangga Nada Mayor)
2. Minor Scale (Tangga Nada Minor)
3. Dominant Scale (Tangga Nada Dominant)


Scale memang berjumlah banyak sekali, tapi 3 scale ini adalah yang terpokok dari semua. Kuasai betul 3 ini, baru beranjak ke yang lain.

Berikut teknik dasar untuk belajar main piano/keyboard yaitu fingering. Latihan fingering ini ditujukan agar posisi jari dan tangan kita saat bermain piano/keyboard ada dalam posisi yang benar. Juga untuk bentuk jari-jari kita saat bermain di atas tuts piano atau keyboard ada dalam posisi sempurna.


Gambar diatas adalah tuts piano/keyboard yang terdiri dari tuts harmonis, tuts kromatis dan interval.
Tuts C=1, D=2, E=3, F=4, G=5, A=6, B=7. Setelah kita mengetahui tuts dan interval mari kita lihat tentang penggunaan jari pada saat memainkan tuts piano.


Gambar diatas adalah penggunaaan jari pada saat memainkan tuts piano/keyboard.


Penjarian tangan kanan:
Keterangan:
Tuts C = menggunakan jari 1 (ibu jari)
Tuts D = menggunakan jari 2 (jari telunjuk)
Tuts E = menggunakan jari 3 (jari tengah)
Tuts F = menggunakan jari 1 (ibu jari)
Tuts G = menggunakan jari 2 (jari telunjuk)
Tuts A = menggunakan jari 3 (jari tengah)
Tuts B = menggunakan jari 4 (jari manis)
Tuts C = menggunakan jari 5 (jari kelingking)


Penjarian tangan kiri :
Keterangan:
Tuts C = menggunakan jari 5 (jari kelingking)
Tuts D = menggunakan jari 4 (jari manis)
Tuts E = menggunakan jari 3 (jari tengah)
Tuts F = menggunakan jari 2 (jari telunjuk)
Tuts G = menggunakan jari 1 (ibu jari)
Tuts A = menggunakan jari 3 (jari tengah)
Tuts B = menggunakan jari 2 (jari tengah)
Tuts C = menggunakan jari 5 (ibu jari)

Setelah jari kanan kita sudah terasa nyaman dan sudah bisa main sedikit cepat, selanjutnya bagaimana dengan tangan kiri kita? Sebenarnya teknik tangan kiri sama kaya teknik tangan kanan, bedanya kalau tangan kanan mulai dari ibu jari sedangkan tangan kiri mulai dengan jari kelingking di tuts C. Sekarang kita mecoba dengan perlahan menggunakan kedua tangan secara bersamaan, butuh konsentrasi yang tinggi agar bisa lancar memainkannya.

Lakukan cara diatas sampai benar benar syaraf syaraf jari anda mengenal dan bergerak reflek sampai seakan akan jari bergerak dengan sendirinya mengikuti alur tangga nada seiring ritme tempo semakin teratur dan tepat sesuai ketukan. Agar lebih mudah memahami ketukan bisa di tekan tombol metronom keybord anda dengan tempo lambat dulu lambat laun semakin di tambah tempo nya hingga sinkron smua antara gerakan jari nada tuts keybord dengan ketukan metronom.

Sekian dulu ya...lain waktu akan saya kupas tentang bagaimana cara bermain program Style lagu untuk pemula atau yang di kenal  dengan Orgen Tunggal atau Electone.
Smoga bermanfaat ...Wassalam....

Post a Comment